You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Tahu Berformalin Diamankan Petugas di Pasar Cibubur
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Petugas Temukan Tahu Berformalin di Pasar Cibubur

Menjelang bulan puasa, Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta menggelar razia di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (9/6). Dalam razia tersebut, petugas menemukan tahu yang mengandung formalin dari salah satu pedagang berinisial S (50). Sayangnya, razia ini tidak melibatkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) sehingga petugas tidak bisa menyita seluruh tahu yang mengandung zat kimia berbahaya tersebut.

Kami hanya bisa melakukan pembinaan terhadap pedagang yang barang dagangannya mengandung zat kimia berbahaya," ujar Siti.

Kepala Seksi Konsumsi dan Keamanan Pangan Bidang Ketahanan Pangan Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta, Siti Halimah, mengatakan pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menyita seluruh barang dagangan pedagang karena hal itu merupakan kewenangan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Monitoring Makanan Berbahaya Diperketat

"Kami hanya bisa melakukan pembinaan terhadap pedagang yang barang dagangannya mengandung zat kimia berbahaya," ujar Siti.

Dikatakan Siti, dari pengakuan pedagang, dia membeli tahu tersebut dari sebuah agen di Pasar Ciracas. "Kami tidak punya wewenang untuk memberikan sanksi. Namun kami akan lakukan pembinaan terhadap pedagang tersebut dan akan menelusuri dari mana tahu tersebut dipasok. Nanti biar BPOM yang menyita tahu tersebut," kata Siti.

Kepada petugas, S mengaku tidak tahu kalau tahu yang dijualnya mengandung formalin. Ia membeli tahu tersebut dari industri rumahan di daerah Ciracas.

"Saya tidak tahu kalau tahu ini mengandung formalin. Karena saya juga kan belanja di agen, bukan bikin sendiri," ujar S.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1227 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1153 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1128 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1060 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1046 personAldi Geri Lumban Tobing